GMNI Dorong Bandar Lampung Sebagai Kota Ramah Lingkungan

Okenice.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Bandar Lampung mengajak masyarakat untuk mendorong Kota Bandar Lampung sebagai kota ramah lingkungan, Senin, (12/04/2021).


GMNI Dorong Bandar Lampung Sebagai Kota Ramah Lingkungan


Ketua Bidang Lingkungan & SDM GMNI Bandar Lampung Darma Wijaya mengatakan, gerakan ini sebagai bentuk kepedulian GMNI terhadap lingkungan kota Bandar Lampung sebagai ibu kota provinsi Lampung, katanya.


Ia menerangkan, bahwa pentingnya penyadaran kepada seluruh elemen untuk kita sama-sama mengkampanyekan Gerakan ini, mudah-mudahan masyarakat menjadi sadar dan peduli terhadap lingkungan dengan tidak kembali membuang sampah sembarangan di Kota Bandar Lampung.


Ichwan Aulia Ketua DPC GMNI mengungkapkan,


Kami GMNI Bandar Lampung mempunyai komitmen untuk selalu mengkampanyekan “Ramah Lingkungan Untuk Kota Bandar Lampung”, karena Bandar Lampung sebagai Ibu Kota Provinsi Lampung harus Ramah Lingkungan, itu sebagai wujud Berkepribadian dan kebudayaan.


Ichwan juga mengatakan, Pendidikan lingkungan hidup menurut Pasal 1 Peraturan Menteri ini diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian individu, komunitas, organisasi dan berbagai pihak terhadap permasalahan lingkungan untuk keberlanjutan pembangunan bagi generasi sekarang dan yang akan datang.


Pendidikan lingkungan hidup merupakan hak setiap orang. Secara tegas, hal ini dinyatakan Pasal 65 Ayat 2 UU RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam pasal tersebut dinyatakan setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses partisipasi, dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.


Kampanye lingkungan ini sebagai salah satu bentuk pendidikan lingkungan, tapi kami berharap kedepan pemerintah Kota Bandar Lampung dapat menyediakan ruang-ruang pendidikan lingkungan di Kota Bandar Lampung.