Sudah Pernah Vaksin? Begini Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Fase 1 dan 2 Via Aplikasi Peduli Lindungi

Okenice.com - Sertifikat vaksin 1 dan 2 dari aplikasi Peduli Lindungi telah menjadi kebutuhan masyarakat untuk bepergian, mengunjungi pusat perbelanjaan dan makan di restoran. Warga perlu menyiapkan sertifikat vaksin 1 dan 2 untuk petugas yang berjaga.

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Fase 1 dan 2 Via Aplikasi

Cara cek dan mengunduh sertifikasi vaksin Fase 1 dan Fase 2 di aplikasi Peduli Lindungi

  • Unduh aplikasi Peduli Lindungi dari Google Playstore atau Apple App store.
  • Masuk dengan nomor ponsel yang Anda daftarkan dengan vaksinasi.
  • Masuk ke akun Peduli Lindungi Anda menggunakan kode SMS OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.
  • Klik ikon akun di sudut kanan atas aplikasi Peduli Lindungi dan pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin.
  • Pilih sertifikat vaksin tahap 1 atau 2 untuk ditampilkan.
  • Klik Download Certificate untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19.
  • Anda dapat mencetak ulang sertifikat vaksin yang hilang dari aplikasi dengan cara yang sama seperti di atas.

Cara memverifikasi, mengunduh, dan mencetak sertifikat vaksin Anda di jaringan Peduli Lindungi

Sertifikat vaksin dapat diperoleh secara online dari situs resmi Peduli Protect (https://pedulilindungi.id/).

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat melihat, mengunduh, dan mencetak sertifikat vaksin 1 dan 2 dari situs Peduli Lindungi, antara lain:

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat melihat sertifikat vaksinasi Anda di situs web ini. Jika Anda melakukan pencarian status secara langsung tanpa masuk dari bilah pencarian di halaman beranda situs ini, data yang ditampilkan tidak akan akurat.

Kami menyarankan Anda masuk terlebih dahulu ke nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftarkan vaksin Anda atau nomor yang Anda gunakan untuk memvaksinasi. 

Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel SMS Anda. Jika Anda memasukkan nomor ponsel yang salah, akun Anda mungkin tidak teridentifikasi memiliki vaksinasi 1 dan 2.

Setelah login dengan data yang benar, sertifikat vaksinasi Tahap I dan II dapat dilihat, diunduh, dan dicetak dengan cara berikut:
  • Klik Login/Daftar di pojok kanan atas situs.
  • Jika Anda sudah memiliki akun, klik Masuk sekarang. Jika Anda belum pernah membuat akun, pilih Buat Akun Peduli Lindungi.
  • Masukkan nama dan nomor ponsel yang digunakan untuk memberikan vaksin.
  •  Jika sudah login, klik profil dengan nama pengguna di pojok kanan atas
  • Kemudian klik profil di kanan atas situs dan pilih sertifikat vaksinasi Anda. Kemudian klik menu Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin pertama atau kedua.
  • Klik "Unduh Sertifikat" untuk mengunduh sertifikat vaksin.
  • Untuk pencetakan, Anda dapat mengirimkan file yang diunduh melalui email ke Galeri Telepon dan mencetaknya di PC atau laptop yang terhubung ke printer.
Meski perpanjangan PPKM ini tidak menghentikan penyebaran virus corona, pemerintah melonggarkan operasional pusat perbelanjaan, restoran, dan industri berorientasi ekspor.

Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto mengatakan, Senin (9/8) malam, beberapa konsesi diizinkan di kawasan yang masih berada di level 4. Mal di kawasan ini berpotensi dibuka dengan kapasitas 25 persen.

Pusat perbelanjaan di empat kota yang dibuka secara bertahap antara lain DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang, dan mal tersebut diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 waktu setempat.

Sedangkan PPKM Level 3 wilayah selain Jawa-Bali hanya bisa dibuka jika kapasitasnya dibatasi hingga 50%. Restoran ini juga memiliki kapasitas 50% untuk bersantap di tempat.

Selain itu, Menteri Koordinator bidang Investasi dan kemaritiman mengatakan para eksekutif dan masyarakat umum yang bepergian dan mengunjungi pusat perbelanjaan dan restoran diwajibkan sudah mendapatkan sertifikat vaksin 1 dan 2 Covid-19.

“Hanya orang yang sudah divaksin saja yang bisa masuk mall dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” ujarnya dalam konferensi pers penilaian dan Penerapan PPKM, Senin (9/8).

Itulah Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Fase 1 dan 2 Via Aplikasi Peduli Lindungi, semoga informasi ini bermanfaat. salam sehat dan sukses untuk kita semua ^_^