RKI Beri Edukasi Manfaat Bansos (BST) Kepada Masyarakat Terdampak Covid

Okenice.com - Rumah Kreasi Indonesia berikan edukasi manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat terdampak Covid-19, Jum'at (27/08/2021).


Penyebaran Corona Virus atau Covid-19 menjadi tantangan baru untuk pertumbuham ekonomi Indonesia, terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Inilah yang menjadi dasar banyaknya program-program bantuan diluncurkan Pemerintah untuk mengawal kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST).

Hal tersebut mendorong pemerintah pusat untuk melakasanakan jaringan pengaman sosial untuk mendorong daya beli masyarakat salah satunya Bantuan Sosial Tunai (BST), untuk 10 Jt Keluarga Penerima Manfaat termasuk di Provinsi Lampung. Jumlah bantuan yang diterima sebesar 300 Ribu Rupiah per Keluarga Penerima Manfaat.

Bantuan tersebut digunakan oleh masyarakat untuk membeli sembako yang merupakan kebutuhan dasar rumah tangga untuk membantu meringankan beban masyarakat dan menggerakkan serta menguatkan ekonomi Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.

Kepala Kantor Pos Bandar Lampung yang diwakili Ibu Dini Pradipta Nursari, SE selaku Manager PUPL dan sekaligus ketua Satgas penyaluran BST turut hadir dalam kegiatan tersebut juga menambahkan bahwa benar pihaknya ditunjuk oleh Kementerian Sosial untuk melakukan pendistribusian BST kepada Keluarga Penerima Manfaat berdasarkan data By Name By Adres (BNBA) serta NIK yang disampaiakan oleh Pihak Kemensos RI.

“Kami diberikan data oleh Kemensos yang berisi nama, alamat dan NIK KPM BST dan diberikan terget waktu untuk melakukan penyaluran pertahapnya. Alhamdulillah, penyaluran BST hingga tahap akhir, yakni pada bulan Juli 2021 dengan dibantu oleh berbagai pihak termasuk keamanan dan berdasarkan evaluasi dari pusat, penyaluran BST di Lampung telah berjalan dengan baik.” ungkapnya.

“Dalam mengakselerasi penyaluran BST kepada KPM, kami melakukan penyaluran melalui pelayanan di luar kantor POS (komunitas) yakni di kantor Kelurahan/Desa, Sekolah, dan lainnya. Kami juga melakukan penyaluran langsung kepada KPM BST yang tidak dapat hadir langsung ke kantor dan komunitas karena alasan tertentu seperti KPM Lansia, Disabilitas, sakit berat, dan KPM yang jauh dari lokasi akses pembayaran. Selain itu, proses penyaluran di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) dibayarkan sekaligus 3 tahap agar penyaluran lebih efektif dan tidak menambah biaya perjalanan KPM BST seperti yang dilakukan di Kabupaten Tanggamus dan Pesawaran ” ujarnya.

"Sosialisi dan manfaatan Program BST ini perlu disampaikan secara luas kepada masyarakat khususnya di Provinsi Lampung agar masyarakat paham tentang apa itu BST, mulai dari persyaratan masyarakat yang layak mendapatkan BST hingga tujuan dari BST itu sendiri", ujar Drs. Achmad Moelyono, M.H yang merupakan Dekan FISIP UTB Lampung.

Kami mengapresiasi pemerintah pusat maupun daerah yang telah memaksimalkan Program BST di Provinsi Lampung. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada PT Pos Indonesia yang ada di Lampung, yang telah melakukan berbagai upaya dalam mengakselerasi penyaluran BST ini kepada masyarakat.

Diakhir sesi, Founder Rumah Kreasi Indonesia, Desta Ardiyanto, M. Ling. mengucapkan terimakasih kepada Sonora Lampung 96.0 FM yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini, serta kepada Ibu Dini Pradipta Nursari, SE selaku Manager PUPL (Pelayanan Unit Pelayanan Luar) serta Ketua Satgas Penyaluran BST (Kota Balam, Pesawaran, Tanggamus, Lamsel, Pringsewu), Bapak Drs. Achmad Moelyono, M.H ( Akademisi Universitas Tulang Bawang Lampung) yang telah bersedia menjadi Narasumber dalam Talkshow tentang Manfaat Penyaluran BST Bagi Masyarakat yang Terdampak Covid-19. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi bagi masyarakat tentang Program dan manfaat BST, khususnya di Provinsi Lampung.