Kamu Punya Bisnis? Begini Cara Setting WhatsApp Bisnismu agar Lebih Maksimal

OkeNice.com - Sudah bisa dikatakan kalau WhatsApp adalah aplikasi chatting paling populer di kalangan pengguna smartphone, khususnya di Indonesia. Hampir semua kalangan baik dari yang muda hingga paruh baya, bisa dipastikan memiliki aplikasi chatting ini. Selain untuk bertukar pesan, WhatsApp juga dapat melakukan panggilan video, mengirim pesan suara, mengirim gambar dan sebagainya.


Dengan inovasi yang terus dilakukan oleh pihak pengembang, WhatsApp kini telah menjadi platform bisnis yang sangat digemari oleh para pelaku bisnis di era dewasa ini. Resmi dirilis pada tahun 2018, WhatsApp Bisnis diciptakan khusus untuk para pelaku bisnis agar mereka dapat dengan mudah merespon pelanggan dengan fitur khusus hingga membuat katalog produk. Lalu apakah WhatsApp bisnis juga bisa meningkatkan omset penjualan?

Jika Kamu mengatur WhatsApp bisnis dengan cara yang tepat, maka tentu saja pelanggan yang mencoba menghubungi Kamu akan merasa lebih nyaman. Jangan heran jika Kamu gagal closing hanya karena tidak mengatur WhatsApp Bisnismu dengan maksimal. berikut ini adalah cara mengatur WhatsApp Bisnis dengan baik.

Daftarkan Nomor Toko (Bukan Nomor Pribadi)

Mendaftarkan nomor toko -bukan nomor pribadi - pada WhatsApp bisnis dapat membuat Kamu menjadi lebih fokus. Bayangkan jika isi pesan pelanggan Kamu harus bercampur dengan pesan pribadi. Kemungkinan besar yang akan terjadi adalah - Kamu akan menjadi Slow Respon - karena Kamu akan sangat bingung pesan mana yang menjadi prioritas untuk dibalas lebih dahulu. Dan tentu saja pelanggan sangat tidak menyukai dengan layanan yang terkesan lambat. 

Tentukan Nama Akun yang Tepat untuk Bisnis Kamu

Jika Kamu ingin banjir closingan, gunakanlah nama yang tepat untuk akun bisnis Kamu dan pahami ketentuan yang berlaku seperti
  • Tidak diperkenankan menggunakan huruf kapital, terkecuali akronim dengan syarat bahwa penggunan huruf kapital hanya di awal kata saja
  • Gunakan nama akun yang terdiri dari dua kata saja karena hanya diperbolehkan menggunakan satu spasi
  • Hindari menggunakan tanda baca, simbol dan karakter khusus lainnya
  • Gunakan nama yang simpel dan mudah diingat

Lengkapi Profil WhatsApp Bisnis Kamu

Jika Kamu ingin pelanggan mengenal bisnis Kamu dengan baik, lengkapi profil bisnis Kamu mulai dari nama bisnis/usaha, alamat, kategori, deskripsi, Jam toko hingga E-mail dan Website jika tersedia. Hal ini dilakukan agar pelanggan dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai bisnis Kamu. Selain itu kelengkapan profil pada akun bisnis memberikan kesan profesional dan hal ini akan berdampak baik pada kepercayaan pelanggan. 

Untuk mengisi profil, Kamu hanya perlu membuka pengaturan/setelan yang terdapat pada ikon titik tiga di pojok kanan atas pada halaman chatting dan melakukan beberapa penyuntingan. Selain itu Kamu juga bisa menyematkan halaman Facebook dan akun Instagram bisnis online Kamu jika tersedia.

Menyetel Pesan Otomatis

Kamu sangat sibuk dengan aktifitas yang padat hingga tidak sempat membalas pesan pelanggan dengan cepat? Jangan kahawatir karena WhatsApp Bisnis juga dilengkapi dengan fitur balas pesan otomatis. Ada fitur Greeting Message untuk menyapa pelanggan baru dan fitur Away Message untuk membalas pesan pelanggan di luar jam kerja.

Selain kedua pesan otomatis di atas, terdapat juga layanan Quick Reply yang memungkinkan Kamu membuat serangkaian pesan balasan untuk hal-hal yang paling sering ditanyakan pelanggan. Layanan ini tentu saja sangat membantu agar Kamu tidak perlu repot-repot menyalin jawaban secara berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan yang sama, misalkan 'Dimana lokasi toko?' dan sebagainya.

Gunakan Fitur Promosi

Tak heran jika banyak pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp Bisnis, tidak hanya sebagai media berkirim pesan dengan pelanggan, tapi juga sebagai media promosi. Hal ini dikarenakan adanya fitur-fitur menarik seperti fitur Katalog Produk yang memungkinkan Kamu memasang foto produk alih-alih memajang produk di etalase yang dapat diketahui oleh pelanggan. 

Selain itu Kamu juga bisa menyalin tautan pendek WhatsApp Bisnis Kamu yang memungkinkan Kamu menjangkau pelanggan baru. Selain Tautan pendek, Kamu juga dapat membagi Barcode kepada calon pelanggan dan para relasi agar mereka dapat mengetahui bisnis Kamu dengan lebih mudah. Sangat menarik bukan?

Gunakan Fitur Khusus

Selain Fitur Promosi ternyata WhatsApp Bisnis tak tanggung-tanggung dalam membantu para pelaku bisnis saat beroperasi. Aplikasi ini juga memiliki Fitur khusus bagian perpesanan seperti pengelompokkan pesan berdasarkan label yang dibuat kustomisasi. Kamu dapat dengan mudah mengelompokkan kategori pesan seperti pesan baru, pesan menunggu pembayaran dan sebagainya.

Lebih uniknya lagi dengan label pesan yang dibuat oleh Kamu sendiri. WhatsApp bisnis dapat meninjau langsung data statistik yang sangat bermanfaat dalam menjaga performa bisnis Kamu. Fitur ini dapat Kamu temukan pada bagian pengaturan/setelan kemudian silahkan klik bagian Setelan Bisnis dan Statistik.

Dengan cara di atas Kamu tidak perlu ragu lagi dalam mempromosikan bisnis Kamu ke masyarakat luas dan sulitnya membangun engagement dengan pelanggan. WhatsApp bisnis dapat membantu meraih closingan sekaligus membantu Kamu dalam mempererat hubungan dengan Pelanggan. Kamu kini hanya perlu percaya diri dan siap berbagi informasi tentang bisnis Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan Salam Indonesia Cerdas, Indonesia berkarya. ^_^